Advertisment

Senin, 01 Juli 2013

Speedometer pada Mobil

Speedometer adalah alat pengukur kecepatan mobil. Biasanya speedometer dipasang pada ruang kemudi agar pengemudi mudah mengetahui kecepatan mobilnya. Speedometer sangat penting dan harus ada pada setiap mobil yang beroperasi di jalan raya. Hal ini demi keselamatan. Di samping jalan raya pasti ada rambu - rambu batas kecepatan untuk mobil yang lewat. Rambu lalu lintas tersebut disesuaikan dengan keadaan jalan dan lingkungan sekitarnya. Pada keadaan jalan yang sempit dan sangat ramai, mobil tidak boleh terlalu cepat Pada jalan yang ada di sekitarnya ada tempat - tempat penting, mobil juga tidak boleh terlalu cepat. Dengan demikian pengemudi harus selalu mengatur kecepatan mobilnya sesuai dengan rambu - rambu lalu lintas tesebut. Untuk memudahkan hal ini dipasangkan pengukur kecepatan yaitu speedometer.

Di samping itu speedometer juga dilengkapi dengan alat pengukur jarak. yaitu odometer. Pengukur jarak tersebut sangat penting untuk pelaksanaan perbaikan mobil. Penggantian minyak pelumas, sabuk kipas dan sebagainya berdasarkan jarak tempuh mobil. Demikian pula pemeriksaan dan perawatan komponen yang lain secara berkala berdasarkan jarak tempuh. Apabila mobil baru hendak dioperasikan, terlebih dahulu mobil tersebut harus dijalankan dengan menempuh jarak tertentu dan pada selang jarak tertentu tersebut mobil harus dihentikan agar terjadi pendinginan pada motornya. Mobil baru yang langsung digunakan tanpa terlebih dahulu dijalankan tanpa beban sesuai dengan petunjuk pabriknya maka pasti akan rusak berat karena komponen - komponennya yang bergerak masih agak kasar permukaannya dan belum terbiasa menerima beban dan panas yang tinggi.

Ada bermacam - macam speedometer, antara lain adalah speedometer magnet dan speedometer sentrifugal. Pada speedometer magnet jarum penunjuk kecepatan bekerja berdasarkan gaya medan magnet permanen. Magnet permanen berputar karena dihubungkan dengan kawat fleksibel ke poros   output. Putaran magnet tersebut akan menyebabkan perputaran garis gaya magnet sehingga akan terbentuk momentum yang akan menarik plat induksi. Plat induksi tersebut dihubungkan dengan jarum penunjuk kecepatan. Semakin tinggi putaran motor maka semakin besar momentum garis gaya magnet tersebut sehingga jarum penunjuk akan menunjukkan angka yang lebih besar. Angka yang ditunjukkan adalah skala kecepatan yang sudah disesuaikan. Agar gerakan jarum penunjuk stabil maka dipasangkan pegas rambut untuk mengimbangi momen garis gaya magnet tersebut. Apabila pegas rambut putus maka jarum penunjuk tidak dapat kembali ke posisi semula. Gangguan lain pada speedometer ini adalah apabila kawat fleksibelnya macet. Akibatnya speedometer tidak berfungsi.

Speedometer sistem sentrifugal memanfaatkan gaya sentrifugal untuk menggerakkan jarum penunjuknya. Speedometer sentrifugal mempunyai dua buah bobot yang beratnya sama. Kedua bobot tersebut akan terlempar keluar jika porosnya berputar. Semakin cepat putaran poros maka akan semakin jauh bobot terlempar keluar. Akibatnya, tabung bergigi yang dihubungkan kedua bobot tersebut akan terangkat. Semakin cepat putaran poros, semakin jauh bobot terlempar keluar dan semakin tinggi tabung bergigi terangkat sehingga semakin besar penunjukkan jarum pada angka skala kecepatan. Gangguan pada speedometer sentrifugal dapat terletak pada tabung bergerigi dan roda gigi penggerak jarum penunjuknya. Jika tabung bergerigi macet atau kotor maka penunjukkan jarumnya tidak tepat. Demikian pula jika roda gigi dan geriginya aus.

Pemeriksaan dan perawatan:
  1. Lepas unit speedometer dari dudukkannya
  2. Periksa kabelnya dari kemungkinan putus atau lepas
  3. Periksa keadaan roda gigi penggerak jarumnya, mungkin sudah aus atau kotor. Roda gigi yang kotor harus dibersihkan. Roda gigi yang aus harus diganti.
  4. Periksa keadaan tabung bergeriginya dari kemungkinan aus atau kotor sekali. Jika kotor bersihkan dengan kain dan sikat.
  5. Untuk speedometer magnet, periksa keadaan pegas rambutnya. Mungkin sudah terlalu lemah atau putus. Jika putus maka harus segera diganti. 
  6. Periksa keadaan gigi - giginya dari kemungkinan aus atau kotor sekali.
  7. Rakit kembali bagian - bagian yang telah dibongkar dan pasang pada dudukannya semula.
Speedometer  pada Mobil

Speedometer  pada Mobil

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar