Advertisment

Selasa, 04 Juni 2013

Rantai Penggerak Roda

Rantai penggerak roda berfungsi untuk meneruskan putaran roda gigi depan ke roda gigi belakang sehingga roda belakang berputar. Karena fungsinya untuk meneruskan putaran tersebut maka rantai harus cukup kuat tetapi juga harus fleksibel. Rantai dibuat dari bahan yang tidak mudah aus untuk mengurangi frekuensi penggantian rantai. Di samping itu rantai terdiri atas sambungan - sambungan yang memungkinkan rantai dapat melingkar dengan baik pada roda gigi depan dan roda gigi belakang.

Untuk mencegah keausan rantai maka perlu secara berkala dilumasi dan disetel ketegangannya dengan tepat. Rantai yang kering mengakibatkan rantai menjadi cepat aus, panas, serta mudah berkarat. Rantai yang kering juga menimbulkan bunyi yang tidak enak ( berisik). Demikian pula dengan rantai yang terlalu tegang. Rantai yang terlalu tegang mengakibatkan rantai cepat putus dan pada kecepatan rendah sepeda motor seperti tersendat. Rantai yang terlalu kendor mengakibatkan bunyi berisik dan mudah lepas. Pada jalan yang menanjak, sepeda motor yang rantainya kendor sulit dikendarai karena rantai akan meloncat dari gigi - gigi roda giginya.

Pemeriksaan, penyetelan dan perawatan rantai sepeda motor :

  • Taruhlah sepeda motor pada penyangga tengah sehingga roda belakang tidak menyentuh tanah. 
  • Putar roda belakang pelan - pelan dan perhatikan dengan teliti keadaan rantai. Jika rantai dan roda gigi masih baik, beri pelumas secukupnya. Jika keadaan rantai aus dan kering sekali, lepas rantai dari roda giginya.
  • Bersihkan rantai dengan sikat kawat yang halus. Setelah itu beri pelumas secukupnya. 
  • Pasang rantai. Perhatikan posisi klip sambungan. Ujung yang terbuka berada pada sisi belakang dari arah tarikan rantai.
  • Setel tegangan rantai dengan cara sebagai berikut;
    • Ukur lendutan rantai dan bandingkan dengan ketentuan pada buku petunjuk servisnya.
    • Jika lendutan rantai lebih besar dari ketentuan berarti rantai terlalu kendor. Jika lendutan lebih kecil dari ketentuan berarti terlalu tegang.
    • Setel rantai dengan memutar mur penyetel sesuai dengan keperluan. Perhatikan garis - garis tanda penyetel pada kerangka sepeda motor yang berfungsi untuk menentukan penyetelannya. Penyetel harus ada pada tanda garis yang sama untuk sebelah kiri dan sebelah kanan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar