Advertisment

Jumat, 01 Maret 2013

Perbedaan Piston 2 Tak dan Piston 4 Tak


Perbedaan Piston 2 Tak dan Piston 4 Tak
Sudah 10 tahun terakhir peredaran sepeda motor 2 tak sudah sangat jarang di Jakarta. Sepeda motor yang terkenal dengan tingkat akselerasi tinggi ini, sudah tidak boleh diizinkan berjalan di beberapa ruas jalan di Jakarta. Ini semua disebabkan asap gas buang yang sangat pekat, mengganggu pengendara lainnya. Namun sebagai pengetahuan, anda perlu tahu juga untuk menambah wawasan di bidang otomotif. Piston yang digunakan pada sepeda motor 2 tak sangat berbeda jauh dengan piston pada sepeda motor 4 tak. Perbedaan bentuk piston ini disebabkan karena sistem pemasukkan bahan bakar yang berbeda. Perbedaan sistem pemasukkan di mana 4 tak menggunakan sistem katup, sedang 2 tak tidak menggunakan sistem katup.

Perbedaan piston 2 tak dan 4 tak terletak pada bagian kepala piston. Mari simak penjelasan di bawah ini :

1. Piston 2 tak bagian kepalanya cembung
Pada piston 2 tak di bagian kepala pistonnya cembung. Hal ini digunakan untuk mengatur aliran masuk dari campuran gas dan bahan bakar. Aliran gas baru ini harus bisa masuk, sambil mendorong gas sisa pembakaran keluar. Gas baru ini diatur alirannya agar tidak ikut keluar bersama gas sisa pembakaran. Untuk itulah maka kepala pistonnya dibuat cembung.

2. Piston 4 tak rata atau cekung
Pada piston  4 tak , di bagian kepala pistonnya dibuat rata , tetapi ada juga yang cibuat cekung. Cekung maksudnya adalah bagian kepala pistonnya dibuat masuk ke dalam. Rancangan kepala piston ini ditujukan , sebab katup yang bergerak naik turun di dalam ruang bakar. Untuk mencegah terjadinya benturan atau tabrakan antara piston dan katup, maka piston dibuat rata , bahkan ada yang dibuat cekung.

Jadi secara fisiknya antara piston 2 tak dan 4 tak sangat berbeda. Belum lagi dilihat dari jumlah ring piston yang digunakan. Untuk piston 2 tak, hanya menggunakan 2 ring piston. Jadi di bagian pistonnya hanya ada 2 alur untuk ring piston. Sedangkan untuk piston 4 tak menggunakan 3 ring piston, maka alur untuk ring pistonnya ada 3 juga. Sekian penjelasan cara membedakan piston 2 tak dan piston 4 tak. Semoga dapat anda pahami penjelasan saya ini. Jika mau bertanya silahkan ajukan di bagian komentar. Terima kasih kunjungannya.

1 komentar:

  1. kalau yang 2 tak menempuh jarak jauh apakah benar dia bisa macet, atau tenaganya kurang tidak sperti yg 4 tak, kalau jalan jauh malah dia makin bagus ?
    bener ngk tuh ???

    BalasHapus