Advertisment

Senin, 02 Juli 2012

Pembilasan Pada Motor 2 TAK

Pembilasan Pada Motor 2 TAK
Jika kita perhatikan cara kerja motor 2 tak pada artikel saya sebulumnya , maka langkah usaha berakhir pada saat lubang pembuangan terbuka.Gas sisa pembakaran segera keluar. Dalam gerak menuju TMB tersebut, torak membuka lubang pembilasan, sehingga campuran bahan bakar dan udara yang baru segera masuk menggatikan sisa gas pembakaran dalam silinder. Proses penggantian gasi sisa pembakaran dalam silinder ini disebut sebagai proses pembilasan.

Pada proses pembilasan ini, sebaian campuran bahan bakar udara turut keluar silinder bersama gas buang. Hal ini merupakan kerugian karena bahan bakar sebagian terbuang percuma. Lain halnya pada motor diesel hanya udara saja yang digunakan untuk melaksanakan pembilasan, sehingga hanya ada kerugian daya pembilasan saja.

Kebanyakan motor bakar torak bekerja dengan siklus empat langkah. Siklus 4 langkah sudah dipergunakan sejak tahun 1876 yaitu pada waktu Dr.N.A. Otto berhasil membuat motor bakar torak dengan siklus 4 langkah yang pertama. Pada waktu itu  motor bakar toraknya bekerja dengan siklus 4 langkah dinamai motor Otto.

Pada motor Otto campuran bahan bakar udara dinyalakan oleh loncatan api listrik atau benda pijar. Proses pembakaran berlangsung pada waktu torak berada di sekitar TMA. Motor diesel juga dapat mempergunakan siklus 4 langkah, akan tetapi karena sistem penyalaan berbeda, motor diesel tidak termasuk golongan motor Otto.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar