Advertisment

Rabu, 18 Juli 2012

Macam Sistem Pelumas


Macam Sistem Pelumas
Ada beberapa system pelumasan yang dikenal dalam dunia otomotif. Pada kesempatan ini marilah kita bahas system pelumasan sebagai berikut:
  • System pelumasan celup (percik)
  • Sistem pelumasan tekan (paksa) 
  • Sistem pelumasan celup dan tekan (kombinasi)

Sistem pelumasan celup (percik)
Sistem pelumasan celup ( percik ) menggunakan alat percik atua sendok pemercik yang terpasang pada Big End Stang Zuiger ( stang seher ). System ini bekerja secara otomatis. Jika mesin hidup maka minyak pelumas yang berada pada palung – palung dipercikkan ke seluruh bagian terutama ke dinding silinder dan bagian – bagian yang membutuhkan pelumasan.

Akan tetapi pelumasan percik sekarang sudah tidak lagi digunakan karena kurang memenuhi kebutuhan pelumasan pada motor yang mempunyai putaran tinggi. System ini digunakan pada Honda C – 50 . Perlengkapannya sangat sederhana dan sumbu engkol tidak terdapat lubang untuk pengalir minyak. Pembagian minyak pelumas tidak sama banyaknya pada masing – masing bagian mesin yang memerlukan pelumasan.

Sistem pelumasan tekan ( paksa)
Pada sistem pelumasan ini minyak pelumas dialirkan  oleh pompa yang memaksa minyak pelumas tersebut beredar pada waktu mesin hidup. Minyak pelumas mengalir secara teratur ke bagian – bagian yang membutuhkan pelumasan dan dapat diantar dengan baik melalui alur – alur pada metal jalan dan metal duduk. Perlengkapan sistem pelumasan tekan ini lebih rumit dibandingkan dengan sistem pelumasan celup sehingga jika salah satu bantalan rusak maka seluruh pelumasan menjadi kacau dan tekanan pada saluran minyak akan turun. Sedangkan metal jalan maupun metal duduknya dapat menjadi aus.

Sistem ini banyak digunakan untuk mesin motor karena mampu mencukupi kebutuhan pelumasan untuk mesin yang mempunyai putaran tinggi ( High Perfomance Engine ).

Sistem pelumasan celup dan tekan ( kombinasi )
Sistem ini merupakan perpaduan (kombinasi ) antara kedua sistem di atas. Hal ini diperlukan karena masing – masing sistem di atas mempunyai kekurangan dan kelebihan. Dengan perpaduan ini diharapkan menghasilkan sistem pelumasan yang lebih sempurna dan mengurangi akibat buruk pada mesin putaran tinggi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar