Advertisment

Rabu, 11 Juli 2012

Katup – katup


Katup – katup
Katup dan bagian – bagiannya
Katup digerakkan oleh mekanisme katup , yang terdiri atas;
  • Poros kam (cam shaft / noken as )
  • Batang penekan (push rod)
  • Pegas penutup
  • Rol baut penyetel.

Tiap silinder motor empat langkah memerlukan dua kam,yaitu sebagai kam katup masuk dan kam katup buang. Poros kam diputar oleh poros engkol melalui transmisi roda gigi atau rantai. Poros kam berputar dengan kecepatan setengah putaran poros engkol. Jadi, diameter roda gigi pada poros kam adalah dua kali diameter roda gigi pada poros engkol. Sebab itu lintasan pena engkol adalah setengah lintasan poros kam.

Fungsi katup
Fungsi katup ialah memutuskan dan menghubungkan ruang silinder di atas torak dengan udara luar pada saat yang dibutuhkan. Tiap silinder motor empat langkah dilengkapi sekurang – kurangnyaa dua katup , yaitu katup isap dan katup buang. Motor – motor kuno masih ada yang menggunakan katup geser atau katup berputar. Motor – motor sekarang pada umumnya memakai katup jenis paying, seperti terlihata pada gambar di bawah ini:

Kepala katup mempunyai peranan yang sangat penting, karena ia harus tetap bekerja baik walaupun temperaturnya berubah – ubah. Bidang atas kepala katup ini disebut tameng. Bentuknya ada yang cekung dan ada yang cembung. Tameng cekung disebut tameng terompet dan biasanya dipakai sebagai katup masuk. Sedangkan tameng cembung dipakai sebagai katup buang, karena kekuatannya lebih tinggi. Pegas – pegas katup ditugaskan untuk menutup katup sesuai dengan gerak tuas ungkit menjauhi batang katup.

Kam ialah bagian mekanisme katup yang ditugaskan mengubah gerak putar menjadi gerak lurus pada  katup. Atau dapat juga dikatakan sebagai alah mengatur saat – saat pembukaan katup. Pada motor 2 langkah dengan pembiasan searah, poros kam itu selain untuk melayani katup buang juga dipergunakan untuk menggerakkan pompa penyemprot bahan bakar, pompa pelumas, dan katup udara starter. Dalam hal ini kecepatan poros kam sama dengan kecepatan poros engkol.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar